>
ID | EN
Tekan Enter Untuk Mencari
MENU   ☰
ID EN
Sebentar Lagi JTB Siap Produksi Gas Bersih Sebentar Lagi JTB Siap Produksi Gas Bersih

Sebentar Lagi JTB Siap Produksi Gas Bersih

Rekayasa Industri

PT Rekayasa Industri (Rekind) mengantarkan kembali Proyek Strategis Nasional Gas Processing Facility (GPF) Jambaran Tiung Biru (JTB) pada tahapan strategis lanjutan, yakni siap memproduksi gas bersih melalui tahapan Precommissioning & Commissioning.

Tahapan itu ditandai dengan mengalirnya sisa atau kelebihan gas yang tidak terpakai melalui flare (Alat pembuangan gas secara aman dengan jalan pembakaran) atau biasa disebut Flaring Gas Process.

“Proses Flaring merupakan gambaran tahapan awal bagi Proyek Jambaran Tiung Biru siap memproduksi gas bersih. Ke depannya kita tinggal memenuhi beberapa set point saja. Mudah-mudahan bisa on stream sesuai dengan waktu yang direncanakan. Yang jelas kami semua disini terus bersinergi dan berupaya semaksimal mungkin agar proyek strategis nasional ini dapat berfungsi sesuai dengan tujuan dan harapan bangsa,” ungkap Budi Prianto, Project Manager (PM) GPF-JTB menjelaskan.  

Flaring Gas Processing merupakan rangkaian dari event Buyback Gas yang dilakukan Rekind pada 30 September 2021.

Pengertian Buyback Gas dalam tonggak pencapaian tahapan ini adalah mengambil gas bersih yang dibeli dari PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam kapasitas jumlah yang sangat kecil, untuk kemudian dialirkan sebagai starting power Boiler dan Gas Turbin Generator (GTG).

Jika aliran gas sudah mampu menggerakkan boiler dan GTG, gas ini digunakan sebagai power untuk  menggerakkan motor-motor besar, yang satu di antaranya menunjang proses chemical cleaning. Proses ini merupakan bagian yang fokus kegiatannya bertumpu untuk membersihkan tower-tower, yaitu Absorber dan Selexol Regenerator. “Tower-tower itu semua harus dibersihkan dengan chemical yang motor penggeraknya disuplai listrik dari GTG,” ungkap Gito Waluyo, Deputi Project Manager GPF-JTB.

 

X
Hasil Pencarian Untuk:
search
Pusat Pelayanan Pelanggan 0-800-100-800-1

Pusat Pelayanan Pelanggan

Kantor Pusat:


Hotline: +62 800 100 800 1
SMS: +62 822 100 100 81

Telepon: +62 21 536 54 900
Faksimili: +62 21 8064 7955

E-mail:
info@pupuk-indonesia.com

top
BACK TO TOP